Jangan Abaikan 6 Gejala Gangguan Kesehatan Mental

Salam kepada pengunjung blog ini..
kesehatan mental
Taukah kalian tentang kesehatan mental yang sering disebut dengan istilah stres, depresi atau kegelisahan. Meskipun masalah kesehatan mental ini sudah banyak terjadi dan mempengaruhi banyak orang, stigma dan diskriminasi terhadap orang dengan gangguan kesehatan mental ini masih sangat kental.
Ada beberapa gejala yang dapat mengindikasikan bahwa kita mengalami masalah kesehatan mental. Dan jangan pernah menganggap remeh gejala ini, karena akibatnya bisa fatal.

Ini adalah enam gejala gangguan kesehatan mental:

1. Terlalu Banyak Tidur
Tidur memang sangat penting untuk manusia dan juga mengatur emosi jiwa, tapi jika kita tidur terlalu lama, maka hal ini dapat menjadi gejala depresi dan masalah medis lainnya. Jika anda sudah tidur selama 8 jam per hari tapi anda tidak merasa istirahat, segeralah konsultasi dengan dokter anda.

2. Tidak Cukup Tidur
Berbeda dengan yang nomer satu, kurang tidur juga merupakan gejala depresi. Kurang cukup tidur dapat berkaitan dengan gangguan tidur yang biasa disebut sleep apnea dan ketidak seimbangan hormon. Segeralah berkonsultasi dengan spesialist.

3.  Jantung Berdegup Kencang
Segeralah berkonsultasi dengan dokter jika anda seolah-olah mengalami serangan jantung. Detak jantung yang tidak beraturan dapat menjadi awal terjadinya serangan panik atau Panic Attack. Adalah sebuah perasaan teror yang menyerang secara tiba-tiba tanpa peringatan. Suatu serangan panik biasanya terjadi dalam waktu beberapa menit dan merupakan suatu kondisi yang penuh dengan tekanan yang dapat dialami oleh seseorang.

4. Perut Terasa Nyeri
Taukah kalian bahwa sakit perut pun bisa menjadi gejala stres atau kecemasan. Jangan pernah abaikan rasa sakit pada perut yang berlangsung lama. Banyak kasus yang menunjukkan bahwa pasien yang mengalami kecemasan kronis, umumnya diikuti dengan gangguan masalah perut. Ketika seseorang mengatasi gejala kecemasannya, masalah sakit perut biasanya juga berangsur membaik atau hilang sepenuhnya.

5. Sakit Kepala
Terlalu sering stres dan tegang dapat memicu terjadinya sakit kepala. Jika Anda mengalami sakit kepala dan sedang berurusan dengan stres berat atau kecemasan, baiknya anda mencari bantuan orang yang profesional. Jika Anda mempelajari beberapa teknik dalam mengatasi stres secara signifikan dapat meringankan gejala sakit kepala Anda.

6. Perubahan Suasana Hati (mood)
Mood anda sering berubah-ubah?
Perubahan mood yang terjadi secara cepat dapat menjadi gejala masalah kesehatan mental yangharus ditangani. Perubahan mood yang sangat extream seperti yang awalnya sangat gembira menjadi depresi dan terus berulang bisa menjadikan awal dari perkembangan gangguan bipolar. Meskipun bipolar termasuk dalam gangguan kejiwaan yang bersifat kronik, serius bahkan sering berpotensi fatal, gangguan ini masih dapat dikendalikan.

Itu tadi adalah 6 gejala gangguan kesehatan mental, jika Anda merasakan salah satunya, segeralah konsultasi ke pihak medis.
Salam Sehat..
Share on Google Plus

About Unknown

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment